HALO, SAYA GABRIEL UMBAS

Kelas Multimedia

POLITEKNIK NEGERI MANADO

Tentang Saya

Mahasiswa Politeknik Negeri Manado

Nama Saya Gabriel Y.A. Umbas

Tempat lahir Indonesia/Sulawesi Utara/Manado dan tahun kelahiran 2001 bulan september.

Sedang melanjuti pendidikan sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Manado, dan status sementara mahasiswa semester 5 teknik informatika.

Gabriel Umbas Multimedia

Layanan Saya

SILAHKAN DILIHAT

Vidiografi

Fotografi

Lainnya

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, dan video dengan alat bantu (tool) dan tautan (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia gim, dan juga pembuatan situs web. Dalam blog ini, saya akan mengupload konten-konten yang berhubungan dengan multimedia sebagai tugas dan pembelajaran saya kedepannya, saya berharap blog ini dapat membantu pengunjung-pengunjung yang ada agar bisa lebi mengerti lagi tentng multimedia
  • Grafik 90%
  • Vidiografi 75%
  • Fotografi 66%
  • Blogger 88%

Blog Saya

PEKERJAAN SAYA
Penggunaan Green Screen

 PENGGUNAAN GREEN SCREEN 


1. Menggunakan kain hijau agar supaya mudah untuk mempermudah proses pelapisannya dengan background yang telah di pilih


 2. Menggunakan background sesuai tema yang di pilih, disini saya memilih bernyanyi, dan menggunakan latar indonesian idol sebagai backgroundnya.


3. Menggunakan KineMaster untuk proses pengeditannya (penampalan/pelapisan) kedua bagian di atas yaitu nomor 1 dan 2.



4. Bukti hasil screenshot dari vidio.












 Materi 2


Teknik-teknik pengambilan gambar :

•Tipe Of Shot 
1. Extreme Long Shot : Untuk menunjukan lokasi kejadian tanpa harus memperlihatkan subjek dengan jelas.

2. Long Shot : Untuk menunjukan hubungan antara subjek dengan lingkungan.

3.Full Shot : Untuk memperkenalkan dengan lebih jelas tentang apa yang sedang di lakukan subjek

4. Knee Shot : Untuk memperlihatkan aktivitas subjek dari lutut ke atas.

5. Medium Shot : Untuk memperlihatkan aktifitas serta ekspresi subjek dari pinggang ke atas.

6. Medium Close Up : Untuk memperlihatkan aktivitas subjek dari dada ke atas. 

7. Close Up : Untuk lebih menunjukan detail atau aktivitas subjek.

8. Big Close Up : Untuk lebih menunjukan detail atau aktivitas subjek dengan headroom terpotong.

9. Extreme Close Up: Lebih ke detail atau ekspresi subjek spesifik pada bagian tertentu (mata, hidung, mulut, dll).

10. Cut In : Menunjukan detail gerak gerik pada subjek.

•Camera Angle 
1. High Angle : Kamera lebih tinggi dan menunduk ke arah subjek yang di bawa, untuk mengesankan subjek yang kecil atau less powerfull.

2. Low Angle : Kamera lebih renda dan menghadap ke arah subjek, untuk menunjukan subjek tinggi besar atau mengintimidasi.

3. Frog's Eye View : Kamera hampir menyentuh tanah dan mengarah ke subjek yang di atas menyerupai sudut pandang katak, untuk menunjukan kesan megah atau tinggi besar.

4. Dutch Tilt/Canted Angle : Untuk efek dramatis atau menunjukan ketidakstabilan emosi pada subjek


• Camera Movement
1. Tilt Up/Tilt down : Dengan motivasi mengikuti pergerakan subjek dari atas kebawah atau sebaliknya.

2. Pen Left/Pen Right : Dengan motivasi mengikuti pergerakan subjek ke kiri atau ke kanan.

3. Arc : Pergerakan kamera ke arah kiri atau kanan memutari subjek yang ada di tengah.

4. Track In/Track Out : Pergerakan kamera mendekati subjek atau menjauhi subjek.

5. Pedestal : Pergerakan kamera dari atas ke bawah atau sebaliknya dengan posisi subjek yang diam.


#Sebagian contoh gambar tipe of shot :

1. Extreme Long Shot 


2. Long Shot hampi sama seperti full shot


3. Knee Shot


4. Medium Shot


5. Medium Close Up


6. Close Up


7. Big Close Up


8. Extreme Close Up


9. Cut In






no image

 Materi 1

Pengenalan Multimedia

Istilah multimedia pertama kali dikenal pada dunia teater, yang mempertunjukkan pagelaran  dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual. Umumnya juga orang mengenal multimedia sebagai sistem dari komputer personal (PC) yang berkembang pesat dewasa ini.


Kategori Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.


Ada 2 kategori multimedia berdasarkan definisi dari Media/Medium sendiri sebagai entitas yang dilewati oleh sesuatu, yaitu:

1. Multimedia Content Production

Multimedia merupakan bentuk penggunaan serta pemrosesan dari beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda guna menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia (yang bisa berupa musik, video, film, game, entertainment, dan lain-lainnya), atau penggunaan dari sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara baru yang unik di mana cara ini memiliki tujuan komunikasi.

Di dalam kategori ini, media yang biasanya digunakan ialah :

  • Media Teks Media Audio
  • Media Video
  • Media Animasi
  • Media Graphics/Image
  • Media Interactivity
  • Media Special Effect


2. Multimedia Communication

Multimedia adalah menggunakan media (massa), contohnya seperti cetak, internet, radio, televisi, guna mempublikasikan atau menyiarkan atau mengkomunikasikan material advertising, public-city, entertainment, news, education, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di dalam kategori ini, media yang digunakan ialah :

  • Cetak
  • Entertainment
  • Film
  • Game
  • ICT (Internet)
  • Musik
  • Radio
  • Televisi
  • Tutorial


Jadi, bisa kita simpulkan dengan singkat jika Multimedia Content Production tersebut merupakan informasi yang di dalamnya itu berbentuk seperti apa (user tidak berperan aktif/ hanya mengikuti dengan apa yang di tampilkan), dan sedangkan dengan Multimedia Communication ini merupakan multimedia yang menggunakan media (user bebas melakukan apa saja dalam mengatur jalannya aplikasi/media yang tertampil).

😊😊😊


Hubungi Saya

Lebih Lanjut